Awali Bulan Kemerdekaan dengan Upacara Bendera Merah Putih



Senin, 1 Agustus 2022 Mts Al Munawwaroh, Lau, Dawe melaksanakan kegiatan upacara bendera.
Upacara bendera diikuti oleh seluruh siswa MI dan MTS Al Munawaaroh serta Bapak/Ibu Guru dan Kakak Kakak PPL dari IAIN Kudus. Para siswa dan guru melaksanakan upacara dengan tertib dan khidmat.


Dalam amanat upacara yang disampaikan oleh pembina upacara, disampaikan betapa pentingnya menerapkan 5K, yaitu keamanan, ketertiban, kerapian, kebersihan, dan kekeluargaan.

  1. Keamanan, para siswa harus menerapkan keamanan di setiap kegiatan sekolah, menjaga keamanan satu sama lain.
  2. Ketertiban, para siswa harus menerapkan ketertiban yang ada di sekolah, seperti memakai atribut sekolah yang lengkap, mematuhi peraturan yang ada di sekolah MTS Al Munawwaroh yang berlaku.
  3. Kerapian, para siswa dan guru harus berpakaian dengan rapi selama berada di sekolah Mts Al Munawaaroh. Seperti peribahasa dalam bahasa jawa " Ajining raga saka busana."
  4. Kebersihan, para siswa harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar madrasah dan luar madrasah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Penerapan menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya, membuang hajat pada tempatnya seperti kamar mandi atau WC.
  5. Kekeluargaan, kita semua adalah keluarga yang harus saling menjaga satu sama lain.

Upacara bendera pada pagi hari ini diharapkan untuk semua warga madrasah agar dapat menerapkan dan mengamalkan intisari dari amanat pagi hari ini, diantaranya adalah keamanan, ketertiban, kerapian, kebersihan, dan kekeluargaan.


Kontributor

PPL IAIN Kudus

0 Komentar